PD. ATE Bedah Potensi Sumber Daya Alam

24 Apr

PD. ATE Bedah Potensi Sumber Daya Alam (SDA) 

Wilayah Selatan Kabupaten Sukabumi

Tegalbuleud MPRI Pers.* , Sukabumi 24 aPRIL 2013

Apa, mengapa dan bagai mana PD. ATE  untuk  bangkit menembus kebuntuan  industri pertambangan dikabupaten Sukabumi ?

sda-01-300Saya berangkat dari koreksi dan keinginan sebagai putra daerah, muncul pertanya pada diri sendiri, dari renungan dan rasa tanggungjawab kami selaku putra daerah, Kenapa kami hadir disini (PD. ATE) melihat, dan sebagaimana kita ketahui, bahawa kabupaten sukabumi memiliki kekayan sumber daya alam (SDA) yang belum dikelola  secara maximal, salah satunya potensi pasir besi diwilayah pantai selatan kabupaten sukabumi, yang saat ini sebagaian dikelola oleh PT. Sumber Surya Prima

Muda mudahan, semua pihak dapat mendukung, dengan kehadiran PD. ATE dikarnakan PD. ATE milik warga masyarakat kabupaten sukabumi, bukan untuk menjadi pesaing rakyat (Investor Swasta), kehadiran kami untuk membuka jalan, dan sebaliknya, Mehad Inter Buana Group adalah mitra yang harus didorong dan dilindungi untuk tumbuh, agar bisa memberi manfaat bagi pembangunan dewasa ini, pada khususnya dikabupaten sukabumi dan pada umum dibumi nusantara ini yang kita cintai.

Sumber Daya Alam (SDA) Sukabumi Selatan merupakan wilayah yang kaya dengan potensi sumber daya alamnya, baik yang terbaru (Hasil Bumi) maupun yang tidak terbarukan (Hasil Tambang dan Mineral) dengan melihat salah satu potensi yang sedang kami rancang dan kami program diantaranya Potensi Tambang Pasir Besi, Batu Besi, Emas, Galena dan Andesit, hal ini yang sedang kami GALI merupakan pilihan produksi unggulan yang memiliki kompetensi inti yakni : PERTAMBANGAN PASIR BESI, yang jadi titik tolak pemikiran PD. ATE, dan PD. ATE melihat masalah wilayah selatan terkait dengan tidak TERMANFAATKANNYA PRODUK UNGGULAN, MENJADI KOMPETENSI INTI YANG BERDAYA GUNA BUAT WILAYAH.

SDA-02Dengan membaca potensi sumber daya alam diwilayah selatan kabupaten sukabumi, pada khususnya potensi pasir tersebut dipandang pelu pemerintah kabupaten sukabumi untuk diberdayakan agar dapat bermanfaat untuk mensejahterakan rakyatnya, baik secara langsung maupun tidak langsung,  dan sekaligus  dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten Sukabumi.

Pemerintah daerah (PemDa) kabupaten sukabumi propinsi jawa barat, harus segera turuntangan agar tidak ter jadi, tumpang tindih kekuasaan para pihak, hak kepemilikan AREA  PERTAMBANGAN yang akan dieksplorasi, diwilayah kecamatan tegalbuleud dan diwilayah kecamatan cibitung.

MPRI Pers Didalam wawancaranya:

Mengapa PD. ATE dihujat publik dengan isu isu Penyerobotan Tanah Warga, dan Penambangan dilokasi  IUP PT. S2P, serta Perjanjian Kerjasama dengan Mitra Tanpa Persetujuan Pemilik dan Gugatan gugatan Hukum?

Kurniawan .,ST, M.Si.MM. Kami tidak merasa dihujat bahkan jadi pembelajaran buat diri kami ; pada prinsifnya masyarakat/ publick belum mengerti arah dan manfaat berdirinya PD. ATE, menurut kami wajar agar kami, untuk  tidak mengeluh, tidak manja dan tidak menyalahkan seseorang, karna, kalau kami mengeluh, dan mudah mudahan PD. ATE, tidak berkeluh kesah dan Doa kami kuatkanlah kami,  untuk tidak manja, kuatkan kami untuk tidak mengeluh, kuatkan kami untuk tidak suka menyalahkan, dan pada prinsifnya mereka tidak mengerti, dan pada suatu kesempatan di Pendopo Palabuhanratu pernah kami sampaikan titik pokok permasahan dan PD. ATE tidak, bermasalah dan sebaliknya (PD. ATE) melihat potensi pasir besi diwilayah selatan kabupaten sukabumi, untuk membuka KEBUNTUAN INDUSTRI tambang dan sebagai modal dasar PEMBANGUNAN MENUJU KOTA BARU YANG MAN DIRI, dan mudah-mudahan sebaliknya berdirinya PD. ATE, memanfaatkan potensi sumber daya alam (SDA) pasir besi yang dapat berpengaruh besar terhadap pembangunan dan perkembangan wilayah selatan dimasa  yang akan datang.

Dengan ditunjangnya dukungan infrastruktur pendukung untuk pasokan bahan baku, seperti jalan raya  yang sempit , tidak setandar SDA-03untuk jalan industri dan  pembangunan DERMAGA dan TEKNOLOGI, guna untuk dapat mendukung pengolahan, pemurnian, pengangkutan dan penjualan bijih besi dan tentunya penyerapan potensi minat bakat kerja masyarakat diwilayah selatan akan tersalurkan 75% masyarakat akan bekerja dan sekarang ASET PD. ATE Tahun Anggaran 2012 sebersar RP 16.531.879.294. (Enam belas miliar, lima ratus tiga puluh satu juta, delapan ratus tujuh puluh sembilan ribu, dua ratus Sembilan puluh empat rupiah), Skla perbandingan dari hasil usaha  PD. ATE sebesar Rp. 8. 100. 703. 294,- + ( 49 %) + modal penyertaan pemda Rp. 8. 431.176.000.- sama dengan + (51%) jadi neraca PD. ATE sudah jelas dan sudah meberikan kontribusi terhadap pembangunan melalui debit Pajak  Rp. 300.000. 000,- Tahun Anggaran 2012

Bagaimana dasar payung hukum PD. ATE ?

Perusahaan Daerah Aneka Tambang dan Energi (PD. ATE) Kabupaten Sukabumi, merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) didirikan pada tanggal : 6 Desember 2006 dengan kekuatan dasar hukum, melalui Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Sukabumi Nomor : 31 Tahun 2006 Tentang Pendirian Perusahaan Daerah  Aneka Tambang dan Energi Kabupaten Sukabumi, dan Peningkatan Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi Nomor : 52/PDATE/IX/2010 tertanggal : 1 September 2010, dari dasar payung hukum tersebut, serta dengan dilandasi pokok pokok pemikiran, bahwa kabupaten Sukabumi akan kaya Sumber Daya Alam yang akan dapat mengembangkan pengusahaan potensi pertambangan dan energy, yang akan dapat mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi, memberikan pelayanan terbaik dibidang jasa pertambangan dan energy serta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dengan kenyataan yang ada, potensi pasir besi pada saat sekarang belum termanfaatkan secara oftimal oleh pemerintah, dengan sendirinya bila PD. ATE sudah berjalan sebagai industri pengolahan tambang dan Energy ,  yang penerima manfaatnya masyarakat, jadi rakyatlah paktor pendukung pembangunan disegala bidang pembangun dewasa ini

Apa manfaat dibentuknya PANSUS DPRD ?

SDA-04

Anggota DPRD merupakan dari perwakilan rakyat yang dapat memberikan kebijakan kebijakan pembangunan yang menyangkut hajat hidup orang banyak, jadi Kalau pansus DPRD tidak mengerti maksud dan tujuan PD. ATE, bahwa potensi sumber daya alam pasir besi diwilayah selatan, pembangunan akan terhambat oleh sebuah intitusi, Saya asli putra daerah kelahiran Ciemas kecamatan ciemas kabupaten sukabumi yang mempunyai keinginan proaktif untuk memajukan wilayah selatan, melalui keprofesionalisme jati diri saya dibidang pertambangan. Kabupaten sukabumi yang sangat kaya dari sumber daya alam, potensi sumber daya alam  bila dikelola dengan baik, kabupaten sukabumi kedepan akan lebih maju baik pertumbuhan ekonomi maupun pembanguan disegala sektor pembangunan dewasa ini.

Bagai manalangkah langkan untuk mensukseskan program kerja PDATE berbasis bisnis Pasir Besi ?

Menuju Holding Company Wadah yang sesuai untuk perencanaan strategi kedepan adalah mengarah pembangunan PD. ATE menjadi Holding Company yang membawahi anak perusahaan dibidang jasa dan beberapa anak perusahaan hasil join operasional dengan pihak ketiga. Mengembangkan Usaha Pemanfaatan Potensi Sumber  Bahan Tambang  dan Energi Secara Profesional, Arif, Bijaksana Dan Berdaya guna Serta Berhasil guna Untuk Mendukung Tercapainya Visi Dan Misi Daerah.

SDA-05

Kami yakin dengan membangun Holding Company kesempatan luas kemasyarakat untuk berpartisipasi akan menimbulkan dampak yang luas bagi pembangunan Kabupaten Sukabumi, dengan modal yang kuat dan prospek bisnis yang menjanjijkan tidak menutup kemungkinan PD. ATE bisa GO PUBLIC. Pada Tataran ini Perusahaan akan di kontrol banyak orang sehingga prinsip GCG (Good Corporate Government) dengan sendirinya berjalan dan resistensi politik (Penggantian pimpinan) kedepan tidak terlalu mempengaruhi kinerja Perusahaan, bahwa PDATE, adalah milik warga kabupaten sukabumi guna membuka jalan untuk tumbuh agar bisa memberi manfaat bagi pembangunan dikabupaten Sukabumi .

Direktur Utama : Kurniawan, S.T, M.Si, MM. (EmSyah/ Red MPRI Pers)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: