SMP NEGERI 2 CIBADAK KERURANGAN GURU

20 Feb

MPRI PERS Edisi 10 12 s/d 19 Pebruari 2013

SMP Negeri 2 Cibadak Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat Kekurangan Guru

Sesuai Undang – Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1: Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

Secara nasional, pendidikan merupakan sarana yang dapat mempersatukan setiap warga negara menjadi suatu bangsa. melalui pendidikan, setiap peserta didik difasilitasi, dibimbing dan dibina untuk menjadi warganegara yang menyadari dan merealisasikan hak dan kewajibannya. Pendidikan juga merupakan alat yang ampuh untuk menjadikan setiap peserta didik dapat duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi.

Pada saat ini SMP Negeri 2 Cibadak, Kabupaten Sukabumi kekurangan Guru dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada para murid; demikian tutur Ibu Entin sebagai GURU PEMBIMBING KONSELING (BP/BK) SMP NEGERI 2 CIBADAK Kabupaten Sukabumi.

SMP NEGERI 2 CIBADAK, KABUPATEN SUKABUMI

SMP NEGERI 2 CIBADAK, KABUPATEN SUKABUMI

Dalam hal ini Pemeritah Daerah perlu memberikan perhatian khusus kepada SMP Negeri 2 Cibadak untuk memecahka masalah Kekurantgan Guru tersebut dan tidak menutup kemungkinan hal serupa dialami juga oleh sekolah-sekolah lainnya yang berada di Cibadak dan sekitarnya.

Ibu Entin pun selain bicara soal dunia Pendidikan, Perekonomi para Guru pun harus dibangun melalui pengembangan Koperasi di SPM NEGERI2 Cibadak.  Koperasi Sekolah diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan peningkatan kesejateraan para Guru dan semua Anggota yang tergabung dalam Koperasi tersebut.

Berikut ini adalah Pengertian dan Definisi Pendidikan

wisuda_by_zepdeer
  • Prof. Dr. Prayitno, M.Sc., Ed – Pendidikan adalah upaya memuliakan kemanusiaan manusia, tujuan pendidikan sepenuhnya mengacu kepada seluruh komponen harkat dan martabat manusia (HMM)
  • John Dewey – Pendidikan merupakan alat pelanjuta kehidupan sosial (social continuity of life)
  • Doni Koesoema A – Pendidikan adalah sebuah konsep yang sangat abstrak, yang tidak dapat emmiliki tujuan – tujuan pendidikan dalam dirinya sendiri.
  • Sir Francis Beacon – Pendidikan bukanlah tujuan akhir untuk mencetak generasi ilmuan yang mengenal ilmu dengan cara meniru sistem tradisional yang telah ada.
  • Profesor Gurrey – Pendidikan adalah untuk menggali dan mengambil segala seni dan pengetahuan yang amat luas,Pendidikan ialah proses mengeluarkan manusia yang mempunyai kebudayaan dan pengetahuan yang luas.
  • W.O.I Smith – Pendidikan adalah suatu proses menyampaikan segala anasir- anasir kehidupan suatu masyarakat kepada generasi mudanya bagi melanjutkan warisan anasir-anasir itu agar dapat dipertinggikan dan disampaikan pula kepada generasi lain.
  • Prof. Dr. Imam Barnadib – Pendidikan adalah usaha sadar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup atau kemajuan yang lebih baik.
Secara teoritis pengertian mendidik dan mengajar tidaklah sama. Mengajar berarti menyerahkan atau manyampaikan ilmu pengaetahuan atau keterampilandan lain sebagainya kepada orang lain, dengan menggunakan cara – cara tertentu sehingga ilmu – ilmu tersebut bisa menjadi milik orang lain.
Lain halnya mendidik, bahwa mendidik tidak hanya cukup dengan hany memberikan ilmu pengetahuan ataupun keterampilan, melainkan juga harus ditanamkan pada anak didik nilai – nilai dan norma – norma susila yang tinggi dan luhur.
Dari pengertian diatas dapat kita ketahui bahwa mendidik lebih luas dari pada mengajar. Mengajar hanyalah alat atau sarana dalam mendidik .dan mendidik harus mempunyai tujuan dan nilai–nilai yang tinggi.
Copyright http://www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia

Penulis: * Ade Abdul.R, Rafik Utama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: