Beberapa Jawaban Ilmuwan Atas Beberapa Pertanyaan Imajinasi

15 Jan

Posted by I Dw Gd Erick Krisna Arinjaya May 27, 2012

Kadang pertanyaan-pertanyaan aneh, seperti “Apa jadinya bumi jika tidak ada bulan?” atau “Apa yang terjadi jika seluruh manusia melompat sekaligus?” mungkin terdengar sebagai pertanyaan-pertanyaan yang konyol. Berikut adalah jawaban-jawaban secara saintis (keilmuwan) terkait pertanyaan-pertanyaan yang terbilang unik ini.
1. Bagaimana jika bumi dua kali lebih besar?
Jika diameter bumi yang dua kali lipat menjadi sekitar 16.000 kilometer, massa planet akan meningkat delapan kali, dan gaya gravitasi di planet ini akan menjadi dua kali lebih kuat. Semua tanaman dan hewan yang saat ini ada akan runtuh karena beratnya sendiri dua kali lipat, dan baru, spesies gempal akan muncul.
2. Bagaimana jika ada spesies lain berteknologi lebih maju dari manusia?
Jika Bumi memiliki spesies lain sebagai pembuat teknologi seperti kita, kita mungkin akan terkunci dalam pertempuran terus-menerus untuk supremasi. Jika, setelah ratusan ribu tahun, tidak ada yang menang, kita akan mulai beradaptasi dengan membutuhkan sumber daya yang terpisah, dan akan untuk mengabaikan atau tidak menyapa satu sama lain.
3. Bagaimana jika sebuah asteroid raksasa belum menyapu bersih Dinosaurus?
Jika asteroid yang datang jutaan tahun lalu tidak jadi ke bumi, Dinosaurus kemungkinan besar masih memerintah Bumi. Menurut data, Dinosaurus mendominasi selama 160 juta tahun sebelum Bumi dibersihkan oleh meteor. Para peneliti telah berspekulasi bahwa kecerdasan “Dinosauroids” mungkin telah berevolusi di tempat manusia, berdasarkan ukuran otak yang relatif besar mungkin akan muncul spesies “Trodontid”, yang mirip burung predator.

4. Bagaimana jika semua orang di Bumi melompat sekaligus?
Jika semua 7 miliar dari kita ramai berdekatan dan melompat, kita akan membuat Bumi bergerak hanya seperseratus dari jari-jari atom tunggal per detik. Ketika mereka mendarat, Bumi akan bergerak kembali pada tempatnya.
5. Bagaimana jika tidak ada bulan di Bumi?
Pasang air laut dihasilkan oleh bulan yang terbentuk ketika bulan mengorbit dekat ke bumi. Tanpa itu, kehidupan mungkin tidak pernah muncul, atau makhluk hidup akan memiliki pola perilaku yang sangat berbeda untuk mengatasi hari dan perubahan iklim ekstrem yang akan ada di Bumi yang tak berbulan.
6. Bagaimana jika manusia adalah dua kali lebih cerdas?
Jika manusia adalah dua kali lebih cerdas seperti kita sekarang, para ahli pikir kita akan lebih terpenuhi dalam skala individu, serta lebih sehat, lebih tampan dan kurang agama. Tetapi orang-orang masih akan memiliki beragam kepribadian, dan masyarakat secara keseluruhan mungkin sama bertentangan seperti saat ini.

Baca sekilas artikel tambahan berikut.

Ini Yang Terjadi Jika Manusia 2 Kali Lebih Pintar

Anda mungkin dimasa yang akan datang akan lebih lebih pintar dari masa sekarang. Itulah harapan para Neuroscientists atau ahli saraf yang menfokuskan penelitannya dalam pemahaman kecerdasan.

Baru-baru ini para Neuroscientists telah menemukan bahwa otak dengan IQ yang tinggi lebih dapat bisa berintergerasi (tersambung) dengan jalur saraf yang jauh sekalipun. Tidak seperti otak dengan tingkat kecerdasan (IQ) yang lebih rendah hanya dapat mengambil rute yang lebih pendek.

Akan tetapi tidak ada yang tahu mengapa dan bagaimana otak manusia dapat membangun hubungan antar saraf dalam jarak yang jauh.

“Jika kita tahu (Neuroscientists) bagaimana mekanisme kerja saraf otak, secara teori bisa dilakukan memodifikasi otak untuk meningkatkan IQ,” kata Richard Hier seorang ahli syaraf dan professor di California University. Dia menambahkan, Jika konsep diatas berhasil, bukan tidak mungkin dalam sejarah manusia, otak seseorang dapat ditingkatkan intelejensinya.

Secara sederhana kita bisa berasumsi, jika rata-rata otak manusia mempunyai tingkat IQ senilai 100 maka jika dua kalinya akan menjadi 200. Dari semua kenyataan yang ada, muncul sebuah pertanyaan apakah lebih baik jika manusia dua kali lebih pintar? Apa ada pengaruhnya terhadap kehidupan sosial dan lainnya.

Menurut Heier inilah yang mungkin terjadi jika pernyataan di atas benar terealisasi.

Peningkatan Kemampuan Manusia

Heier percaya, jika manusia memiliki kecerdasan yang sangat tinggi, manusia dapat belajar lebih cepat dan mengingat lebih banyak dari manusia normal pada umumnya. “Seseorang mungkin lebih dapat menikmati hidup dengan membaca buku dan akan lebih tertarik dengan berbagai hal,” dia menambahkan.

Lebih lanjut, dengan IQ manusia rata-rata 200, manusia akan dapat belajar berbagai bahasa dalam beberapa minggu. Dan bukan tidak mungkin, seorang manusia dapat memahami seluruh bahasa di muka bumi ini.

Ilmuan mengatakan, manusia yang lebih pintar, dapat memperoleh hidup yang sehat dan lebih panjang karena manusia yang pintar akan melakukan gaya hidup yang sehat pula.

Kehidupan Sosial

Dengan tingkat kecerdasan yang sangat tinggi, manusia akan berpikir dua kali untuk melakukan konflik dan perseteruan. Karena tingkat kecerdasan manusia yang menentukan tempramen dan tingkat emosi seseorang.

Begitu pula dengan tingkat kriminalitas. Banyak orang pintar, banyak juga penjahat pintar di dunia yang dapat menjebol keamanan bank dan sekuritas lainnya, begitu pula dengan pemberantas kriminalitas yang sudah menjadi lebih pintar dari sebelumnya. Hal ini juga menurut Heier dapat melemahkan kaum minoritas yang menurut Heier orang dengan tingkat kecerdasan rendah.

Dengan kata lain konflik sosial yang sejak dulu terjadi akan tetap sama terjadi tetapi dengan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.

Hilangnya Agama

Dengan naiknya tingkat kecerdasan pada manusia menjadi sangat tinggi, akan berpengaruh kepada hilangnya kepercayaan manusia kepada Sang Pencipta. Tingkat kecerdasan yang tinggi membuat manusia berpikir lebih logikal dari pada harus mempercayai suatu keyakinan yang tidak dapat diukur dengan logika.

Terlihat Lebih Tampan dan Cantik

Orang-orang yang pintar nanti akan lebih enak dipandang. Statistik menyatakan orang-orang yang mempunyai tingkat kecerdasan tinggi (IQ=200), mempunyai tampilan yang lebih menarik dari pada orang yang mempunyai tingkat intelejensi di bawahnya. Jadi jangan kaget jika banyak orang cantik dan tampan jika hal ini terjadi.

(goodpaste.com)

 

7. Bagaimanakah jika manusia memiliki mata seperti elang?
Jika Anda dapat memindahkan mata Anda seperti layaknya elang, Anda bisa melihat seekor semut merangkak di tanah dari atap sebuah bangunan lantai 10. Anda bisa melihat ekspresi wajah pemain basket dari kursi cadangan terjauh sekalipun dalam arena. Objek langsung yang sejalan dengan Anda akan saling berhadapan akan dimunculkan membesar, dan semuanya akan berwarna lebih terang.
8. Apa yang akan terjadi jika Anda menembak pistol di ruang angkasa?
Senjata bisa menembak di angkasa, dan ini memungkinkan untuk semua jenis skenario yang tidak masuk akal. Jika Anda berada di ruang vakum antara galaksi, menarik pelatuk akan mengirimkan dan peluru Anda dari tempatnya semula kearah yang dituju selamanya. Jika Anda menembak pistol di tata surya, peluru anda akan terjebak ke arah matahari atau salah satu planet raksasa. Dan jika Anda menembak pistol ke arah cakrawala sambil berdiri di sebuah gunung di bulan, Anda secara teoretis bisa menembak diri sendiri di belakang.

(goodpaste.com, lifeslittlemysteries.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: