Obesitas Memicu Ribuan Kasus Kanker

12 Jan

Penulis : Lusia Kus Anna | Senin, 8 Oktober 2012 | 14:22 WIB

Kompas.com- Ribuan kasus kanker baru setiap tahunnya terdiagnosa di Inggris. Menurut para ahli pemicunya adalah penyakit berat badan berlebih alias obesitas.

Obesitas atau terlalu gemuk akan meningkatkan risiko berbagai jenis kanker, mulai dari payudara, perut, pankreas, rahim, ginjal, esofagus dan kandung kemih. Para ahli dari World Cancer Research Fund juga menyebutkan bahwa kelebihan lemak tubuh merupakan pemicu kanker terbesar setelah rokok.

Diperkirakan, obesitas menyebabkan lebih dari 22.000 kasus kanker secara langsung setiap tahunnya. Angka tersebut jauh lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya yakni 17.000 kasus.

Tahun lalu, lebih dari 320.400 orang didiagnosa kanker dan sekitar 1 dari 14 kasus disebabkan oleh obesitas. Salah satu jenis kanker yang mendapat perhatian serius adalah kanker pankreas karena sulit ditangani.

Seseorang disebut obesitas jika memiliki indeks massa tubuh di atas 30, sementara itu indeks massa tubuh lebih dari 25 digolongkan sebagai kegemukan.

Sebuah penelitian menunjukkan, lebih dari 134.000 kasus kanker bisa dicegah jika masyarakat mau melakukan sedikit perubahan gaya hidup, misalnya berolahraga dan mengatur pola makan untuk menurunkan berat badan.

Sementara itu menurut para peneliti dari Universitas Oxford, Inggris, merokok adalah penyebab utama kanker. Setiap tahunnya didiagnosa 61.000 kasus kanker karena merokok.

“Semoga hasil penelitian tersebut akan meningkatkan pemahaman bahwa terkena kanker bukan cuma karena takdir dan kita bisa melakukan perubahan sejak sekarang untuk mengurangi risikonya,” kata Dr.Rachel Thomson dari World Cancer Research Fund.

Penelitian mengungkapkan, lemak tubuh yang berlebih akan memberi makan kanker dengan cara mengganggu keseimbangan hormon. Lemak yang tersimpan di bagian pinggang merupakan lemak yang berbahaya dan terkait erat dengan kanker usus.

Sumber : dailymail.co.uk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: