Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil

12 Jan

Posted by Siel pada 8 November 2009

Anda tengah mengandung buah hati tercinta? Selamat ya. Agar bayi yang dikandung lahir selamat tak kurang suatu apa, sebaiknya Anda menjaga makanan yang dikonsumsi saat berbadan dua.

Ada sejumlah makanan yang disarankan tidak dikonsumsi saat Anda mengandung, karena mengandung mikroba yang dapat membahayakan kandungan seperti Salmonella,Toksopla smosis,Listeria, E.coli.

Berikut di antaranya:

1.Hindari konsumsi daging mentah (sushi) atau yang dimasak kurang matang, karena mengandung Toksoplasmosis sebuah parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin Anda. Pada makanan mentah juga terkandung E.coli, yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin.

2.Bersihkan lalapan dengan seksama. Toksoplasmosis terdapat pada sayuran yang tidak dicuci dengan baik, oleh karena itu bersihkan sayuran anda dengan baik, apalagi untuk salad atau lalapan yang dimakan mentah. Hindari juga kotoran kucing atau bermain-main dengan kucing selama kehamilan karena mengandung toksoplasmosis.

3.Jauhi konsumsi daging ayam dan telur yang dimasak kurang matang atau mentah, hindari makan hati ayam/daging yang mungkin sumber dari Salmonella, yang dapat menyebabkan diare yang berat pada ibu hamil. Perhatikan piring, alat-alat masakan yang terkena daging ayam mentah ini untuk dicuci.

4.Hindari ikan tuna steak, ikan sea bass, shark, atau ikan-ikan berukuran besar yang diketahui mengandung tingkat merkuri yang tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan saraf jika dimakan dalam jumlah besar. FDA (Pengawas Obat dan Makanan AS) merekomendasikan ikan tuna dan ikan ukuran besar ini sebatas 12 ons per minggu

5.Hindari keju lunak seperti brie dan camembert, blueveined cheese juga keju dari susu kambing dan domba, serta jangan minum susu yang tidak dipasteurisasi. Semua produk ini mempunyai resiko membawa Listeria. Listeria tipe bakteri yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi janin, pada dewasa tidak ada gejala atau seperti flu. Listeria dapat menyebabkan keguguran,kelahiran premature, dan keracunan dalam darah. Sebaiknya hindari makanan jenis ini sampai melahirkan bayi anda.

6.Jauhi minuman yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan kelainan perkembangan pada janin ada juga problem emosional pada bayi.

7.Kurangi, atau hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, karena kafein pada kopi dapat memperngaruhi berat badan bayi, keguguran dan juga kafein mengurangi penyerapan zat besi.

Ingatlah perkembangan bayi dalam kandungan anda tergantung dari apa yang Anda makan selama kehamilan. Masih banyak makanan ‘sehat’ lain yang bisa disantap selama kehamilan kok.

Diambil dari : Hanyawanita. com

2 Tanggapan to “Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil”

  1. lista de email Maret 1, 2013 pada 2:33 PM #

    thanks for the nice information. lista de email lista de email lista de email lista de email lista de email

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: