Manfaat & Khasiat Buah Mangga

11 Jan

Mangga selain enak dimakan juga memiliki berjuta manfaat baik itu dalam bentuk buah maupun jus, bahkan yang usianya masih muda juga memiliki khasiat yang bagi. Manfaat yang paling populer dalam persepsi masyarakat tentunya adalah untuk ibu hamil. Tapi apakah itu benar? ataukah ada manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dengan memakan salah satu buah yang sangat populer di negara Indonesia kita ini. Mari kita bahas!!

Manfaat yang dirasakan orang dalam memakan mangga, mungkin seperti sensasi orang memakanbuah sirsak ataupun buah semangka. Sudah rasanya enak kalau mentah-mentah dimakan, namun juga memiliki khasiat yang dapat dirasakan oleh tubuh seorang manusia baik dimakan langsung ataupun harus diolah dulu.

Dan banyak sekali sekarang kita lihat resep dari obat tradisional yang menggunakan mangga untuk ibu hamil dan sebagainya. Selain itu sekarang kita juga melihat banyak orang memilih mengubah mangga menjadi minuman jus. Pasti rasanya enak banget jika panas-panas minus es jus selain es kelapa muda, selain nikmat dan rasanya menyegarkan rongga mulut. Ditambah mendapatkan manfaat dan khasiat yang luar biasa dari buah ini. Tentunya ini adalah salah satu karunia Tuhan yang diberikan kepada umat manusia.

Baiklah sudah saatnya kita uraikan apa saja manfaat yang bisa didapatkan anak manusia hanya dengan meminum jus mangga ataupun langsung dengan memakan buah nya. Mari kita lihat :

Manfaat dan Khasiat Buah Mangga

1. Manfaat buah mangga untuk terapi

Misalnya untuk Pembersih darah, Menurunkan panas badan, dan Menghilangkan bau badan. Mangga dianggap mampu membersihkan aliran darah dan mengurangi kelebihan panas badan. Selain itu mangga juga baik untuk menghilangkan bau badan.Pengobatan dengan Buah Mangga

2. Mangga mengandung Kalium menurunkan resiko stroke

Kalium mempunyai fungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kotraksi otot, dan membantu tekanan darah. Konsumsi kalium yang memadai dapat mengurangi efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah, dan secara bebas memberikan kontribusi terhadap penurunan risiko karena stroke. Satu penelitian menunjukkan bahwa bila seseorang menambahkan sepotong buah tinggi kalium ke dalam pola makanan sehari-hari, risiko terkena stroke fatal dapat dikurangi sebesar 40 persen.

Konsumsi ekstra kalium sebanyak 400 mg setiap hari dapat mengurangi kemungkinan mendapat penyakit jantung dan pembuluh darah. Kalium terdapat melimpah pada mangga. Tiap 100 gram mangga terkandung kalium sebesar 189 mg. Dengan mengkonsumsi sebuah mangga harumanis ukuran sangat kecil (minimal 250 gram), atau sebuah mangga gedong ukuran sedang (200-250 g), kecukupan kalium sebanyak 400 mg per hari dapat terpenuhi.

3. Bermanfaat untuk menumpas Kanker

Para ahli meyakini mangga adalah sumber karotenoid yang disebut beta crytoxanthin, yaitu bahan penumpas kanker yang baik.

4. Baik untuk pencernakan, kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan

Kandungan asam galat pada mangga sangat baik untuk saluran pencernaan. Sedangkan kandungan riboflavinnya sangat baik untuk kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan.

5. Untuk menjaga kesehatan Gigi dan Gusi

Di samping berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C memiliki fungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh-pembuluh kapiler, kesehatan gigi dan gusi. Ia membantu penyerapan zat besi dan dapat menghambat produksi natrosamin , satu zat pemicu kanker. Vitamin C mampu pula membuat jaringan penghubung tetap normal dan membantu penyembuhan luka. Kandungan vitamin C mangga cukup layak diperhitungkan. Setiap 100 gram bagian mangga masak yang dapat dimakan memasok vitamin C sebanyak 41 mg, mangga muda bahkan hingga 65 mg. Berarti, dengan mengkonsumsi mangga ranum 150 gram atau mangga golek 200 gram (1/2 buah ukuran kecil), kecukupan vitamin C yang dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan dewasa per hari (masing-masing 60 mg) dapat terpenuhi.

6. Khasiat mangga sebagai Antioksidan Tubuh

Mangga pun merupakan sumber beta-karoten , kalium, dan vitamin C. Beta-karoten adalah zat yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A (zat gizi yang penting untuk fungsi retina). Beta-karoten (dan vitaminC) juga tergolong antioksidan, senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker karena dapat menetralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul-molekul tak stabil yang dihasilkan oleh berbagai proses kimia normal tubuh, radiasi matahari atau kosmis, asap rokok, dan pengaruh-pengaruh lingkungan lainnya.

7. Menyembuhkan berbagai macam penyakitMangga pun berkhasiat membantu menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya radang kulit, influenza, asma, gangguan pengelihatan, gusi berdarah, radang tenggorokan, radang saluran napas, sesak napas dan borok. Selain itu juga bisa mengatasi bisul, kudis, eksim, perut mulas, diare, mabuk perjalanan, cacingan, kurang nafsu makan, keputihan, gangguan menstruasi, hernia dan rematik.

Kesimpulan

Luar biasa sekali bukan manfaat yang diberikan buah mangga untuk tubuh kita sebagai manusia. Selain disukai ibu yang sedang hamil yang sedang ngidam. Dan juga naka kecil saat dibuat jus, buah mangga terbukti memberikan banyak manfaat maupun khasiat yang luar biasa kepada umat manusia. Apalagi jika kita berbicara tentang perekonomian, buah ini adalah salah satu produk yang terpopuler, dan memberikan banyak manfaat materi kepada para petani maupun penjual. Karena banyak orang yang menyukainya otomatis banyak juta yang akan membelinya.

Mengintip Manfaat Tersembunyi dari Mangga

KOMPAS.com – Setiap orang pasti pernah mencicipi manisnya buah mangga. Ya, tanaman asli dari India yang juga banyak terdapat di Indonesia ini memang sangat digemari tidak hanya oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

Tetapi, pernahkah Anda berpikir dan mencari tahu apa saja manfaat yang ditawarkan dari buah berdaging oranye ini terhadap kesehatan secara keseluruhan? Berikut ini adalah sejumlah daftar manfaat kesehatan dari buah yang memiliki nama latin, Mangifera Indica:

1. Menyehatkan MataSelain kaya akan vitamin C, buah mangga juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Satu cangkir irisan mangga menyediakan setidaknya 25 persen kebutuhan harian vitamin A. Riset menunjukkan bahwa mangga berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit mata seperti rabun ayam. pelunakan kornea, kekeringan pada mata, gatal-gatal pada mata dan masih banyak lagi.

2. Proses pencernaanMangga memiliki enzim pencernaan yang dapat membantu pemecahan protein serta membantu proses pencernaan. Bahkan, buah ini juga mengandung enzim yang menenangkan perut dengan mencegah keasaman dan sembelit karena tinggi akan kandungan serat di dalamnya.

3. Seks lebih baikKandungan vitamin E dalam buah mangga dapat meningkatkan dorongan seks seseorang dengan mengatur hormon seks dalam tubuh.

4. Meningkatkan memoriBuah mangga memiliki kandungan jumlah asam glutamin yang cukup memadai. Senyawa ini sangat bermanfaat khususnya untuk meningkatkan memori.5. Kulit lembut dan bersinarMakan mangga dapat membuat kulit Anda lebih lembut dan bercahaya. Anda dapat mengoleskan kulit mangga ke wajah selama kurang lebih 10 menit untuk mengeluarkan kotoran dari pori-pori yang tersumbat di kulit sehingga mengurangi jerawat yang merupakan masalah kesehatan wajah paling umum.

Manfaat Buah Mangga

Mangga Kaya Antioksidan Betakaroten

Gizi.net – Mangga tergolong kelompok buah batu berdaging dengan bentuk, ukuran, warna, dan citarasa (aroma-rasa-tekstur) beraneka. Bentuk mangga ada yang bulat penuh, seperti mangga gedong, dan bulat panjang, seperti mangga harumanis dan mangga manalagi, Mangga kopek berbentuk bulat pipih, sedang mangga golek lonjong.

Kendati bentuk, ukuran, warna, dan citarasa buah mangga beragam. Dari segi gizi semuanya hampir tidak jauh berbeda. Mangga ranum segar mengandung air sekitar 82 persen, vitamin C 41 mg, dan energi/kalori 73 Kal per 100 gram. Pada setiap 100 gram mangga muda, mangga yang masih mentah terkandung air lebih kurang 84 persen, vitamin C 65 mg, dan energi 66 Kal. Energi dalam mangga muda rendah karena lebih banyak mengandung zat pati, yang akan berubah menjadi gula dalam proses pematangan.

Sebagian besar energi mangga berasal dari karbohidrat berupa gula, yang membuatnya terasa manis. Kandungan gula ini didominasi oleh gula golongan sukrosa. Kandungan gula dalam mangga berkisar 7-12 persen. Namun, jenis mangga manis dapat mencapai 16-18 persen.

AntioksidanMangga pun merupakan sumber beta-karoten , kalium, dan vitamin C. Beta-karoten adalah zat yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A (zat gizi yang penting untuk fungsi retina). Beta-karoten (dan vitaminC) juga tergolong antioksidan, senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker karena dapat menetralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul-molekul tak stabil yang dihasilkan oleh berbagai proses kimia normal tubuh, radiasi matahari atau kosmis, asap rokok, dan pengaruh-pengaruh lingkungan lainnya.

Di dalam tubuh, mayoritas radikal bebas berasal dari proses kimia kompleks saat oksigen digunakan di dalam sel. Radikal-radikal bebas yang secara kimia tidak lengkap tersebut dapat mencuri partikel dari molekul-molekul yang lain.

Ia kemudian menghasilkan senyawa-senyawa abnormal dan membuat reaksi berantai yang dapat merusak sel, dengan menyebabkan perubahan mendasar pada materi genetis dan bagian-bagian penting sel lainnya. Sederhananya, cara radikal bebas merusak sel-sel tubuh, sama dengan proses oksigen menyebabkan kertas berubah menjadi kuning atau mentega menjadi tengik. Zat-zat gizi antioksidan, seperti beta-karoten dan vitamin C, membuat radikal bebas tak berbahaya dengan menetralkannya.

Zat-zat gizi antioksidan itu terkandung melimpah pada buah mangga. Kandungan beta-karoten dan vitamin C (beserta kalium, aktivitas vitamin A, karbohidrat, energi dan air) dari beberapa macam mangga tiap 100 gram dapat dilihat pada beberapa perpustakaan.

Vitamin C

Di samping berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C memiliki fungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh-pembuluh kapiler, kesehatan gigi dan gusi. Ia membantu penyerapan zat besi dan dapat menghambat produksi natrosamin , satu zat pemicu kanker. Vitamin C mampu pula membuat jaringan penghubung tetap normal dan membantu penyembuhan luka.

Kandungan vitamin C mangga cukup layak diperhitungkan. Setiap 100 gram bagian mangga masak yang dapat dimakan memasok vitamin C sebanyak 41 mg, mangga muda bahkan hingga 65 mg. Berarti, dengan mengkonsumsi mangga ranum 150 gram atau mangga golek 200 gram (1/2 buah ukuran kecil), kecukupan vitamin C yang dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan dewasa per hari (masing-masing 60 mg) dapat terpenuhi.

Kalium dan stroke

Kalium mempunyai fungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kotraksi otot, dan membantu tekanan darah. Konsumsi kalium yang memadai dapat mengurangi efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah, dan secara bebas memberikan kontribusi terhadap penurunan risiko karena stroke.

Satu penelitian menunjukkan bahwa bila seseorang menambahkan sepotong buah tinggi kalium ke dalam pola makanan sehari-hari, risiko terkena stroke fatal dapat dikurangi sebesar 40 persen. Konsumsi ekstra kalium sebanyak 400 mg setiap hari dapat mengurangi kemungkinan mendapat penyakit jantung dan pembuluh darah.

Kalium terdapat melimpah pada mangga. Tiap 100 gram mangga terkandung kalium sebesar 189 mg. Dengan mengkonsumsi sebuah mangga harumanis ukuran sangat kecil (minimal 250 gram), atau sebuah mangga gedong ukuran sedang (200-250 g), kecukupan kalium sebanyak 400 mg per hari dapat terpenuhi.

Anda yang ingin membeli mangga bisa memilih mangga yang baik dengan warna hijau kekuning-kuningan, kulit licin, dan aroma yang manis. Hindarilah memilih buah yang terlalu keras atau terlampau lembek, memar, atau berbau fermentasi. (Nurfi Afriansyah, peneliti pada Pusat Litbang Gizi Depkes RI)

Sumber : Kompas

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: